Affiliate Program ”Get Money from your Website”

Minggu, 27 Juni 2010

Suku Mandar

Suku Mandar terletak di Kabupaten Majene, Propinsi Sulawesi Selatan. Mendiami daerah di sepanjang aliran sungai Mandar dan Tajung Mandar. Daerah ini dilingkupi oleh pegunungan. Terdapat lahan persawahan yang luas. Hasil lautnya yang terkenal yakni ikan cakalang dan penyu.

Konon di sana ada sejenis burung langka yang disebut burung Mandar, dan jenis ini berasal dari famili arimadea (Latin). Burung ini merupakan burung yang dilindungi.

Sebagian besar suku Mandar bermukim di pulau Laut, Kabupaten Kota Baru. Rumah adat suku Mandar di sebut boyang. Upacara adat suku Mandar di Kecamatan Pulau Laut Selatan yaitu "mappando'esasi" (bermandikan air laut).

2 komentar:

  1. Sekedar meluruskan bahwa Suku Mandar mendiami beberapa Kabupaten yang ada di Sulawesi Barat, antara lain; Polewali Mandar, majene, Mamuju, dan Mamuju Utara. Jadi pernyataan yang menyatakan bahwa suku mandar terletak di Kabupaten Majene adalah pernyataan yang keliru. Tertima kasih.

    BalasHapus
  2. @Pak Darwin: Terimakasih sudah memberikan informasi dan masukan yang berguna buat blog ini. Semoga kita semua bisa mengenal lebih dalam dan mencintai Negara Indonesia kita. :)

    BalasHapus

.